Software Terbaik Untuk Memeriksa Kesehatan Hardisk PC

Hardisk PC Anda menyimpan semua data yang relevan, dan setiap potensi kerusakan pada perangkat memiliki potensi membahayakan data Anda, juga, sayangnya. Di sisi lain, hardisk memiliki umur yang terbatas, dan pada akhirnya akan rusak cepat atau lambat. Oleh karena itu, membiarkan data Anda bergantung padanya bukanlah pilihan terbaik yang kami sarankan.

Jika Anda tidak mengetahui kondisi hardisk Anda, Anda mungkin tidak dapat menyimpan data penting Anda sebelum terlambat. Anda harus menjadi sadar akan fakta bahwa tidak semua hardisk crash secara acak dan inilah mengapa Anda harus tahu kapan saatnya untuk membuat cadangan data Anda sebelum kehilangan data anda.

Anda benar-benar harus memastikan bahwa semua informasi penting Anda aman sebelum sesuatu yang buruk terjadi pada hardisk Anda. Solusi yang disarankan adalah mengawasi kesehatan hardisk Anda, jadi jika ada masalah, Anda akan segera dapat mengamankan data anda.

Cara Memeriksa Kesehatan Hardisk

Berikut adalah Cara Memeriksa Kesehatan Hardisk Anda:

Semua drive generasi terakhir datang dengan teknologi pemantauan yang disebut S.M.A.R.T. (Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology). Software ini ditargetkan untuk terus memantau sejumlah parameter tertentu pada hardisk. Berbagai parameter dapat dimonitor secara efisien menggunakan S.M.A.R.T, dan ini juga termasuk tingkat kesalahan baca dan tulis, waktu spin-up, mencari tingkat kesalahan, suhu, dan elemen yang lebih penting.

Untuk benar-benar memperingatkan Anda ketika beberapa parameter penting ini merendahkan atau mencapai ambang mereka, Anda memerlukan program yang dapat melacak semua perubahan ini dan itu juga akan menunjukkannya kepada Anda.

Anda harus mendapatkan kesempatan untuk menguji dan melihat apakah hardisk Anda mampu menyimpan data Anda dengan aman, memiliki cukup waktu untuk mencadangkan file penting dan mulai mencari pengganti jika diperlukan karena berbagai alasan.

Program pemantauan mungkin tidak sepenuhnya mampu menunjukkan kepada Anda apakah integritas file Anda dapat dipertahankan pada hardisk tertentu. Ini adalah ide yang sangat baik untuk memindai blok data yang tidak dapat dibaca atau dibaca dengan buruk oleh software yang tersedia. Setidaknya sebulan sekali anda melakukannya untuk memastikan bahwa drive Anda tidak mengalami penurunan performa dan data Anda tidak akan hilang.

S.M.A.R.T Adalah cara untuk memeriksa kesehatan Hardisk

S.M.A.R.T adalah sistem pemantauan tertanam yang diterapkan di sebagian besar Hardisk modern atau SSD, tetapi sayangnya, ini hanya akan diketahui oleh pengguna jika kegagalan perangkat keras akan segera terjadi. Semua produsen Hardisk utama merekomendasikan pemeriksaan status disk Anda secara berkala dan juga menjalankan beberapa pengujian.

Kami mengumpulkan beberapa 
software untuk memeriksa kesehatan Hardisk Anda, juga, karena mereka dapat memprediksi dan melindungi dengan baik dari kegagalan hardisk yang tidak dapat dihindari. Bagaimanapun, sebagian besar utilitas biasanya menggabungkan fitur S.M.A.R.T internal yang disebutkan di atas, dan itu pasti akan membantu mereka menawarkan lebih banyak informasi mengenai indikator keandalan disk. 


Berikut Beberapa software yang menurut kami adalah Software Terbaik Untuk Memeriksa Kesehatan Hardisk PC Anda :


Iolo System Mechanic Pro

Software ini sangat efisien dalam menjaga sistem Anda. Anda dapat menjalankan banyak pemindaian untuk melihat bagaimana perangkat keras Anda melakukan tetapi juga memperbaiki banyak kesalahan.

Berbicara tentang hardisk, System Mechanic menjaganya tetap aman melalui software nya yang berbeda dan memberi Anda informasi maksimum tentangnya. Anda tidak perlu repot mengambil tindakan - versi berbayar tidak hanya memindai dan memberi Anda informasi tentang kesalahan tetapi juga memperbaikinya.

Iolo System Mechanic adalah salah satu dari 7 produk software yang termasuk dalam paket keamanan, privasi dan optimasi yang komprehensif, Phoenix 360.


HD Tune

Software Ini adalah tolok ukur yang berguna untuk menguji kinerja hardisk Anda. Versi gratis dari software  ini menyediakan tolok ukur yang berguna dan juga pemindai blok yang berfungsi baik dengan hardisk eksternal dan internal.

Utilitas ini memiliki tolok ukur grafis untuk kinerja hardisk internal/eksternal, dan akan memindai blok data buruk pada drive internal/eksternal dengan diagram grafis. Ini juga akan menampilkan atribut SMART, daya pada jam, dan lebih banyak info umum untuk drive internal saja. Anda dapat membuat program portabel dengan menyalin HDTune.exe ke folder yang diinginkan setelah instalasi. Sayangnya, versi gratisnya tidak diperbarui lagi, jadi Anda harus mendapatkan versi Pro berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih canggih.

PassMark DiskCheckup

Software pengujian hard drive ini gratis untuk penggunaan pribadi. Sebagai permulaan, Anda harus mengunduh file yang sangat kecil yaitu sekitar 2MB saja, dan proses instal sangatlah mudah. Di bawah tab Info SMART dalam program ini Anda akan melihat status saat ini dan nilai atribut seperti waktu putar, tingkat kesalahan pembacaan mentah, kesalahan yang tidak dapat dikoreksi, jumlah siklus pengambilan, daya tepat waktu, suhu, jumlah sektor yang tertunda saat ini, perintah timeout, total lbas membaca, kepala jam terbang dan perlindungan jatuh bebas.

Opsi Catat atribut SMART untuk perhitungan TEC dari jendela Konfigurasi mencatat riwayat karakteristik yang dipantau oleh DickCheckup yang dapat digunakan untuk mendapatkan perkiraan kapan mereka akan lepas kendali dan berpotensi gagal.

DiskCheckup juga dapat menjalankan dua jenis Disk Self Tests: yang singkat (5 menit) dan yang Diperpanjang (hingga 45 menit).


Samsung HUTIL

Samsung HUTIL adalah software gratis untuk mendiagnosis hard drive Samsung. Ini tersedia dalam bentuk ISO untuk dibakar ke CD atau USB. Dengan cara ini, HUTIL OS adalah sistem independen, dan ini adalah software pengujian yang lebih baik daripada yang dirancang untuk menggunakannya di dalam OS Windows.

Anda juga dapat menjalankannya dari floppy disk. Penting untuk diingat bahwa software khusus ini hanya akan memindai hardisk Samsung dan jika Anda menggunakan yang lain, software akan dimuat tetapi tidak akan dapat memindai dan menjalankan diagnosis apa pun pada hardisk Anda.

Karena HUTIL adalah program yang dapat di-boot, Anda akan memerlukan bootable disk/USB dan sistem operasi yang berfungsi untuk membakarnya ke disk atau perangkat USB.


Seagate SeaTool

Seagate SeaTool adalah software pengujian hardisk gratis. Versi untuk Windows (ada yang lain untuk DOS) adalah program yang akan diinstal pada OS Windows Anda. Anda dapat menggunakannya untuk pengujian dasar dan lanjutan dari semua hardisk (baik internal maupun eksternal) yang berasal dari pabrikan. Untuk pengguna yang mencari SeaTools Desktop, perangkat lunak SeaTools Online atau Maxtor PowerMax, Anda harus memperhatikan bahwa Seagate telah menggantikan ketiga software di atas dan saat ini memiliki merek Maxtor.

Software ini sangat baik untuk menguji hardisk oleh layanan komputer profesional, tetapi juga cukup mudah untuk digunakan oleh orang awam.


CrystalDiskInfo

Ini adalah program freeware user-friendly yang dapat memonitor atribut SMART, dan yang akan menampilkan informasi drive dan suhu disk. Muncul dengan berbagai edisi yang mencakup lebih banyak tema dan dukungan beberapa bahasa. Penginstalannya mungkin datang dengan membawa banyak aplikasi lain jadi hati-hati jangan lupa menghapus centangnya saat proses instalasi.

Program ini menggunakan antarmuka sederhana yang akan menampilkan informasi mengenai status atribut SMART dari hard drive Anda, spesifikasi perangkat keras, dan suhu. Jika ada masalah, Anda akan dapat menemukannya di daftar atribut.


Bart's Stuff Test

Software Ini adalah tes tegangan hardisk berbasis Windows yang bisa diunduh secara gratis. software ini adalah tambahan yang bagus untuk menguji hardisk Anda, dan ini adalah yang paling berguna jika Anda mengalami masalah saat menguji dengan software berbasis ISO tetapi Anda masih menginginkan sesuatu yang lebih selain software bawaan Windows.

Ini akan memindai drive apa saja, dan mudah digunakan. Software ini portabel, dan Anda tidak perlu menginstalnya, dan itu akan bekerja dengan Windows 10 hingga Windows 95. Program ini sangat ideal untuk menguji kecepatan baca-tulis dan keandalan hard drive di luar sana.


GSmartControl

Ini dapat menjalankan berbagai tes hard drive, dan itu akan memberikan hasil yang sangat rinci, dan ini juga akan memberi Anda penilaian kesehatan keseluruhan atas drive Anda. Anda akan dapat memeriksa nilai atribut SMART seperti hitungan coba ulang kalibrasi, tingkat kesalahan multi-zona, jumlah siklus daya, dan banyak lagi.

Software ini dapat menjalankan tiga jenis pengujian yang ditargetkan untuk menemukan kesalahan drive: self-test singkat (dibutuhkan 2 menit, dan tujuannya adalah untuk mendeteksi hard drive yang benar-benar rusak)), self-test yang diperpanjang (dibutuhkan sekitar 70 menit , dan memeriksa seluruh permukaan drive), dan self-test pengangkutan (akan memakan waktu 5 menit, dan itu seharusnya untuk menemukan kerusakan yang terjadi selama pengangkutan drive).


FUJITSU HDD Diagnostic Tools

Ini adalah software uji hard drive gratis yang ditujukan untuk hardisk Fujitsu seperti yang Anda tebak sekarang. Ini tersedia dalam versi Windows dan sebagai versi OS bootable independen OS.

Anda dapat menggunakan software ini untuk tes cepat yang akan berlangsung selama sekitar 3 menit dan untuk tes komprehensif yang lebih kompleks. Jika Anda memiliki hardisk lain selain Fujitsu, ia tidak akan berfungsi. Versi Windows dari program harus bekerja dengan semua versi OS dari Windows 10 hingga Windows 2000.


HDDScan

HDDScan dibuat untuk mendukung semua jenis hard drive, tidak peduli siapa pabrikannya. Software ini adalah software portabel, dan setelah diunduh, Anda akan dapat menjalankannya secara langsung tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Secara langsung dapat memeriksa status atribut SMART dari hard drive Anda, atau Anda dapat mengakses berbagai macam pengujian dan fitur.

Ini mendukung volume RAID, dan itu juga akan dapat menjalankan tes permukaan untuk mereka. Tes permukaan termasuk menulis, membaca, dan menghapus secara linear. Semua tes yang dilakukan akan ditambahkan ke bagian Test Manager, dan mereka akan antri untuk diluncurkan ketika masing-masing selesai.


Windows Drive Fitness (WinDFT)

Windows Drive Fitness Test (WinDFT) adalah software diagnosa hard drive gratis yang tersedia untuk digunakan pada sebagian besar drive yang tersedia saat ini. Sayangnya, bahkan jika software ini dibangun untuk OS Windows, Anda tidak akan dapat memindai drive yang memiliki OS Windows diinstal di dalamnya. Hanya USB dan hard drive internal lainnya yang dapat dipindai oleh perangkat lunak ini.

Jika hard drive yang terhubung tidak kompatibel dengan WinDFT, akan ditampilkan prompt yang mengatakan ini, dan drive tidak akan terdaftar. Software ini dapat menjalankan pemindaian terhadap beberapa drive secara berurutan, mudah digunakan, dan juga akan membiarkan Anda menghapus hard drive. Software ini termasuk versi portabel juga.



Ariolic Disk Scanner

Ini hanyalah scan read-only drive, dan ini digunakan untuk memeriksa bad sector. Antarmukanya minimal karena hanya memiliki satu tombol. Sangat mudah untuk dipahami jika ada bagian dari drive Anda yang berisi bad sector. Software Ini akan mengetahui daftar file di mana kesalahan tersebut terjadi.

Western Digital Data Lifeguard Diagnostic (DLGDIAG)

Western Digital Data Lifeguard Diagnostic (DLGDIAG) adalah software gratis untuk menguji hanya hard drive bermerek Western Digital. Perangkat lunak ini tersedia untuk diunduh di perangkat lunak Windows portabel dan sebagai file ISO yang dapat di-boot. Software Ini akan memungkinkan lebih banyak tes hard drive dan versi Windows bekerja pada Windows 10 melalui Windows XP.

Software ini mudah digunakan dan fitur antarmuka yang rapi. Software Ini mendukung hard drive internal dan eksternal, dan itu akan menampilkan informasi hard drive dasar. Sofware Ini juga dapat berfungsi sebagai software penghancur data sederhana.


Free EASIS Drive Check

Software hardisk tester ini memiliki dua utilitas pengujian utama built-in: tes sektor dan pembaca nilai SMART. Tes SMART dapat menampilkan lebih dari 40 nilai tentang hard drive, dan uji sektor hanya akan memeriksa permukaan media untuk beberapa laporan pembacaan.

Laporan dari semua tes dapat dibaca langsung dari perangkat lunak ketika tes selesai, dan dapat dikonfigurasi untuk dikirim ke pengguna melalui email atau untuk dicetak. Ini mudah digunakan, dan mendukung hard drive eksternal dan internal. Ini bekerja paling baik pada Windows 10 dan Windows 8 OS.

Macrorit Disk Scanner

Program sederhana ini mencari bad sector pada hard drive, dan sangat mudah digunakan. Anda dapat menginstalnya dengan cukup cepat, dan juga tersedia sebagai program portabel. Anda akan melihat bahwa sebagian besar layarnya akan digunakan sebagai representasi visual dari kemajuan pemindaian dan itu akan menunjukkan sangat tepat di mana kerusakan itu. Anda juga akan dapat melihat berapa banyak waktu yang tersisa sebelum pemindaian selesai.

Anda dapat memilih salah satu software yang disebutkan di atas untuk memeriksa kesehatan hardisk Anda pada PC Windows Anda. Jika Anda tidak memerlukan detail tambahan maka Windows built-in tool harus dapat melakukan pekerjaan, jika Anda ingin hasil yang lebih canggih, bahwa software pemeriksaan kesehatan hardisk pihak ketiga adalah pilihan terbaik Anda.
Share:

2 comments:

  1. Sangat bermanfaat sekali infonya
    Jangan lupa mampir Ada apliksi untuk tabungan siswa
    Tabungan siswa

    ReplyDelete
  2. nice info, ditunggu kunjungan baliknya https://bremot.blogspot.com

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Berkunjung

Keep Traveling

Popular

Comments

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Search This Blog

Archive

Full width home advertisement

Author Description

Hey there, We are SoraTemplates! We are trying to provide you the new way to look and use the blogger templates. Our designers are working hard and pushing the boundaries of possibilities to widen the horizon of the regular templates and provide high quality blogger templates to all hardworking bloggers!

Post Page Advertisement [Top]

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.